Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan menjadikan Pulau Sumba sebagai ikon pulau energi baru terbarukan di Indonesia.

Energi terbarukan di Pulau Sumba. ANTARA FOTO / Hafidz Mubarak A.

Energi terbarukan di Pulau Sumba. ANTARA FOTO / Hafidz Mubarak A.

Pengembangan Pulau Sumba sebagai Pulau Ikonik Energi Terbarukan merupakan suatu kegiatan yang telah diinisiasi sejak tahun 2010 oleh Kementerian ESDM dan Hivos.

Seperti yang dikutip dalam laman Ditjen EBTKE, program ini bertujuan untuk menyediakan akses energi yang dapat diandalkan kepada masyarakat yang tinggal di Pulau berukuran kecil dan sedang di Indonesia, melalui pengusahaan energi terbarukan, dengan target terwujudnya ketersediaan energi yang berasal dari energi baru terbarukan sebesar 100 persen pada 2020.

“Program Pulau Sumba sebagai Pulau Ikonik Energi Terbarukan (Sumba Iconic Island) merupakan program yang dapat mendorong perekonomian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pulau Sumba dan dapat dijadikan sebagai contoh dalam Pengembangan energi baru terbarukan di Indonesia,” seperti dikutip dalam laman tersebut, Senin (7/11/2016).

Pulau Sumba telah dipilih sebagai ikon Pulau Energi Terbarukan (The Iconic Island of Renewable Energy) berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh Hivos/Winrock Internasional dengan beberapa pertimbangan.

Pertama, Pulau Sumba mempunyai akses terhadap energy modern yang rendah (rasio elektrifikasi sebesar 24,5 persen pada 2010).

Kedua, ketergantungan Pulau Sumba pada pembangkit listrik tenaga diesel sebesar 85 persen yang dikirim dari daerah lain sehingga memerlukan biaya pengangkutan yang mahal.

Ketiga, Pulau Sumba kaya akan potensi energi terbarukan seperti, air, bioenergi, angin, dan matahari. Sekitar 20 persen penduduk Sumba masih tergolong miskin.

(SAW)

http://ekonomi.metrotvnews.com/energi/8koXReRK-pulau-sumba-akan-jadi-ikon-pulau-energi-baru-terbarukan